* شهر رجب هو أول الأشهر الحرم التي قال الله فيها (فلا تظلموا فيهن أنفسكم) وباقي الاشهر الحرم هي : ذو القعدة ، وذو الحجة ، ومحرم .

#1

Bulan Rajab adalah bulan haram pertama yang, di mana Allah berfirman perihal bulan-bulan haram ini,

فلا تظلموا فيهن أنفسكم

‘Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu…’ [at-Taubah: 36]. Bulan haram yang lain adalah Dulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram.

* قال قتادة : إن الظلم في الأشهر الحرم أعظم خطيئة ووزرًا، من الظلم فيما سواها، وإن كان الظلم على كل حال عظيما، ولكن الله يعظم من أمره ما يشاء.

#2

Qatadah mengatakan,

إن الظلم في الأشهر الحرم أعظم خطيئة ووزرًا، من الظلم فيما سواها، وإن كان الظلم على كل حال عظيما، ولكن الله يعظم من أمره ما يشاء

‘Dosa kezaliman yang dilakukan di bulan haram lebih besar dan tabu daripada di bulan yang lain. Meskipun dalam segala kondisi, segala bentuk kezaliman merupakan dosa yang besar, namun Allah mengagungkan suatu perkara sesuai dengan kehendak-Nya.”

 

* سميت هذه الأشهر حرماً لأمرين :

a. لتحريم القتال فيها (إلا أن يبدأ العدو) .

b. لأن حرمة انتهاك المحارم فيها أشد من غيرها .

#3

Bulan-bulan ini (Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram) dinamakan dengan bulan-bulan haram karena 2 alasan, yaitu:

  1. Diharamkannya peperangan di bulan-bulan tersebut kecuali musuh yang memulai.
  2. Pelanggaran hal-hal yang diharamkan di bulan-bulan ini memiliki dosa yang lebih besar dibandingkan bulan-bulan yang lain.

 

كلمة رجب تدل في اللغة على دعم شيء بشيء وتقويته، ومن هذا الباب: رجبت الشيء أي عظّمته، فسمي رجباً لأنهم كانوا يعظّمونه وقد عظمته الشريعة أيضا

#4

Dari sisi bahasa, kata Rajab menunjukkan mengokohkan dan menguatkan sesuatu dengan sesuatu yang lain. Contoh akan hal ini adalah ucapan ‘rajabtu asy-syai-a’ yang berarti ‘عظّمته’ (saya telah membesarkannya). Sehingga bulan ini dinamakan dengan Rajab karena orang Arab mengagungkannya, seperti syari’at juga mengagungkannya.

 

* لا يجوز تخصيص شهر رجب بعبادات لم يخصصها به الشرع .

#5

Tidak diperbolehkan mengkhususkan bulan Rajab dengan berbagai ibadah, di mana syari’at tidak mengkhususkan ibadah tersebut.

 

* الله خالق الزمان يفضّل منه ماشاء وله حقّ التشريع فيشرع من العبادات مايشاء في الوقت الذي يشاء.

#6

Allah-lah yang menciptakan masa. Dia mengistimewakan sebagian masa sesuai kehendak-Nya. Dia-lah yang memiliki hak menetapkan syari’at, sehingga Dia menetapkan berbagai ibadah sesuai kehendak-Nya untuk dilakukan di waktu yang dikehendaki-Nya.

 

* أهل البدع يعتقدون ويخصون أياما معيّنة بعبادات دون أيّ دليل شرعيّ فهؤلاء ابتدعوا في دين الله ما لم يأذن الله به.

#7

Para pelaku bid’ah meyakini serta mengkhususkan hari-hari tertentu dengan berbagai ibadah tanpa dalil syar’i. Sehingga mereka telah berinovasi dalam agama Allah, sedang Allah tidak memberikan izin untuk itu.

 

* لا فضل لأي وقت على وقت آخر إلا ما فضله الشرع بنوع من العبادة، أو فضل جميع أعمال البر فيه على غيره.

#8

Tidak ada keistimewaan waktu tertentu dibanding waktu lainnya, kecuali waktu yang memang telah diistimewakan syari’at dengan suatu ibadah tertentu atau seluruh amal kebajikan di waktu itu memang telah diistimewakan dibanding jika dikerjakan waktu yang lain.

 

* لم يثبت في فضل صوم شهر رجب على سبيل الخصوص أو صوم شيء منه حديث صحيح.

#9

Tidak ada hadits shahih yang menetapkan keistimewaan berpuasa di bulan Rajab secara khusus atau di hari tertentu bulan Rajab

 

* قال ابن حجر: لم يرد في فضل شهر رجب, ولا في صيامه ولا صيام شيء منه معين, ولا في قيام ليلة مخصوصة فيه حديث صحيح يصلح للحجة . تبيين العجب (ص11)

#10

Ibnu Hajar mengatakan,

لم يرد في فضل شهر رجب, ولا في صيامه ولا صيام شيء منه معين, ولا في قيام ليلة مخصوصة فيه حديث صحيح يصلح للحجة

‘Tidak ada hadits shahih yang dapat digunakan sebagai dalil terkait keutamaan bulan Rajab; berpuasa di bulan Rajab atau berpuasa di hari tertentu bulan Rajab; tidak pula shalat malam yang dikhususkan di bulan itu.’ [Tabyin al-‘Ajab hlm. 11].

 

* قال ابن القيم رحمه الله : ” كل حديث في ذكر صيام رجب وصلاة بعض الليالي فيه فهو كذب مفترى ” . المنار المنيف (ص96) .

#11

Ibnu Qudamah mengatakan,

كل حديث في ذكر صيام رجب وصلاة بعض الليالي فيه فهو كذب مفترى

‘Seluruh hadits yang menyebutkan perihal puasa Rajab dan shalat di beberapa malam bulan itu adalah dusta dan difabrikasi (palsu).’ [al-Manar al-Munif hlm. 96].

 

* العتيرة هي ذبيحة كان يذبحها أهل الجاهلية في شهر رجب , وجعلوا ذلك سنة فيما بينهم كذبح الأضحية في عيد الأضحى.

#12

Al-‘Atirah adalah istilah untuk hewan yang disembelih orang Arab jahiliyah di bulan Rajab. Mereka menjadikannya sebagai kebiasaan di antara mereka seperti hewan sembelihan yang ada di momen Idul Adha.

 

* جاءت أحاديث بالترخيص في فعلها أولاً ثم نهى عنها بقوله (لا عَتيرة)

#13

Terdapat sejumlah hadits yang memberikan keringanan untuk melakukan ‘atirah, namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian melarangnya dengan sabda beliau,

لا عَتيرة

‘Tidak ada ‘atirah dalam Islam’

 

* من بدع رجب: صلاة الرغائب وتكون في ليلة أول جمعة من رجب بين صلاتي المغرب والعشاء، وقد حذر منها العلماء وذكروا أنها بدعة ضلالة.

#14

Salah satu bid’ah di bulan Rajab adalah shalat Raghaib yang dilaksanakan di malam Jum’at pertama bulan Rajab. Pelaksanaannya di antara waktu shalat Maghrib dan Isya. Alim ulama telah memperingatkan bahwa hal itu adalah bid’ah yang sesat.

 

* قال النووي: قاتل الله واضعها ومخترعها, فإنها بدعة منكرة من البدع التي هي ضلالة وجهالة وفيها منكرات ظاهرة.

#15

An-Nawawi mengatakan,

قاتل الله واضعها ومخترعها, فإنها بدعة منكرة من البدع التي هي ضلالة وجهالة وفيها منكرات ظاهرة

‘Semoga Allah menghukum orang yang pertama kali menyelenggarakan dan merekayasa shalat Raghaib ini. Hal itu merupakan bid’ah yang mungkar, termasuk bid’ah yang sesat dan bodoh. Di dalamnya terkandung kemungkaran yang nyata.’

 

* من بدع رجب قراءة قصة المعراج والاحتفال بها في ليلة (27) من رجب وتخصيص تلك الليلة بزيادة عبادة كقيام أو صيام أو ما يظهر فيها من الفرح والغبطة

#16

Salah satu bid’ah di bulan Rajab membaca kisah al-Mi’raj dan memperingatinya di malam ke-27 bulan Rajab, mengkhususkan malam tersebut dengan memperbanyak ibadah seperti shalat, puasa, atau kegembiraan dan kesenangan di malam itu.

 

* من البدع : تخصيص زيارة المقابر في رجب ، فالزيارة تكون في أي وقت من العام.

#17

Salah satu bid’ah, mengkhususkan ziarah kubur di bulan Rajab, karena ziarah kubur bisa dilakukan di waktu kapan pun.

 

* الأدعية التي تقال في رجب بخصوصه كلها مخترعة ومبتدعة.

#18

Seluruh redaksi do’a yang (dibuat dan dianjurkan untuk) dipanjatkan secara khusus di bulan Rajab adalah do’a yang direkayasa dan diinovasi (bid’ah).

 

– الواجب على المسلم تحرّي السنة وترك البدع والحذر البالغ من منازعة الله في حق التفضيل والتشريع

#19

Kewajiban setiap muslim adalah berusaha mengikuti sunnah Nabi dan meninggalkan berbagai bid’ah (amalan yang direkayasa). Ekstra waspada dari sikap menyelisihi Allah dalam hal mengistimewakan dan mensyari’atkan sesuatu.

 

Sumber: Akun FB Syaikh Muhammad bin Shalih al-Munajjid

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s