Pertanyaan

Apakah saya diperbolehkan berta’aruf dengan dua orang gadis pada waktu yang bersamaan, perlu diketahui saya tidak bermaksud menolak gadis yang kedua. Saya berpandangan bahwa boleh berta’aruf dengan mereka pada waktu yang bersamaan untuk kemudian memilih yang terbaik di antara mereka. Apakah ini memungkinkan?

Jawaban

Pada asalnya, Anda tentu akan melakukan proses lamaran kepada seorang wanita setelah mengetahui kebaikan wanita tersebut beserta keluarganya. Dan Anda akan melamar wanita tersebut dan berkeyakinan kuat bahwa jika telah terjadi kesepakatan Anda akan menikahinya.

Saudaraku yang mulia, pernikahan itu bukanlah transaksi perdagangan di mana orang yang ingin menikah seperti seorang pembeli yang dengan mudah memilih barang yang terbaik dengan mengumpulkan dan menyurvei berbagai barang sejenis yang ditawarkan.

Meskipun sebagian ahli fikih berpandangan tidak mengapa mekanisme tersebut dilakukan. Namun, terkadang kerugian yang ditimbulkan melebihi manfaat yang dihasilkan. Bagaimana jika Anda ternyata lebih memilih gadis yang pertama?

Apakah Anda rela seorang pemuda datang melamar saudara perempuan Anda, kemudian belakangan diketahui bahwa pemuda tersebut telah melamar (mengkhitbah) gadis lain, sementara Anda belum memberikan persetujuan?

Dikhawatirkan dalam kondisi demikian pemuda tersebut akan bermudah-mudahan dalam melanggar kehormatan kaum muslimin. Di mana dia akan melakukan survei dari rumah ke rumah untuk melihat gadis yang paling cantik untuk kemudian memilih salah satu gadis yang mengagumkannya.

Semoga Allah senantiasa memberikan taufik kepada kita untuk memperoleh hidayah, ketakwaan, kesucian, dan rasa cukup.

Sumber :

http://www.lahaonline.com/consultation/view/4983.htm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s